Beranda ENTERTAINMENT Kreasi Ulang Musik Ska, Skastra Bikin “Minor 7”

Kreasi Ulang Musik Ska, Skastra Bikin “Minor 7”

1674
0
BERBAGI

SETELAH tahap pemanasan lewat rilis singel “Delusi”, kini Skastra siap memasyarakatkan album penuh bertajuk “Minor 7”.

“Minor 7” adalah album penuh pertama Skastra, berisi delapan buah lagu berbahasa Indonesia ditambah satu lagu instrumental. Di album ini Skastra mencoba membaurkan irama ska dengan berbagai varian musik yang memiliki karakter berbeda.

Dalam lagu “Hilang Asa” dan “Rumah” misalnya, Skastra membalut ketukan santai rock steady dengan liukan nada-nada jazz. Sementara di lagu “Seratus Persen” dan “Lagi-Lagi”, kocokan ska dibuat beriringan dengan aroma swing yang kental.

Lewat lagu “Kembang Gula” kita juga bisa menikmati persilangan antara hentakan one drop dengan centilnya petikan bas keroncong. Eksplorasi musikal semacam inilah yang berusaha disajikan Skastra dalam keseluruhan album “Minor 7”.

“Ska itu tergolong musik yang udah tua, ya. Karena itu kami mencoba mengkreasikan ulang musik ska supaya bisa terasa fresh dan seksi lagi, khususnya buat pendengar muda,” terang kibordis Hanung.

“Dalam proses kreatifnya, kami banyak terinspirasi dari band-band ska yang berkembang di Jepang, kayak (The) Miceteeth dan Tokyo Ska Paradise. Mereka itu banyak mencampur ska dengan jazz, jadi nggak terpaku sama ska tradisional Jamaica atau ska-punk Inggris aja. Semangat eksplorasi genre itu sih yang kita angkat dan kita terapkan dalam pembuatan lagu-lagu Skastra,” papar Adin, gitaris Skastra

Album “Minor 7” diproduksi di bawah label rekaman Lisan Records. Lagu-lagunya akan didistribusikan dalam bentuk fisik (CD) dan digital. Hajatan peluncuran album ini akan digelar di Mondo by the Rooftop, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis mendatang (18/5/2017).

LEAVE A REPLY