Beranda FILM “Amanah Wali” dan “Dunia Terbalik”, Sinetron Ramadan Unggulan di RCTI

“Amanah Wali” dan “Dunia Terbalik”, Sinetron Ramadan Unggulan di RCTI

2880
0
BERBAGI

Fokuskini – Mengomentari sejumlah sinetron drama tayangan RCTI terkait gelaran spesial Ramadan tahun ini, Dini Putri selaku Programming & Production Director RCTI, mengatakan pihaknya jelas bukan bermaksud mengejar muatan humor komedinya, tetapi yang kita lakukan dengan sinetron-sinetron itu (“Amanah Wali”, “Tukang Ojek Pengkolan” dan “Dunia Terbalik”) kita justru mencoba menggambarkan potret masyarakat yang sesungguhnya.

Menurutnya, jika penonton (bisa) menikmati itu artinya jauh lebih mudah sehingga ketika kita memasukkan pesan-pesan amanah didalam sinetron itu buat pemirsa juga lebih gampang memahami, mudah masuk dibandingkan kalo kita kasih contoh dengan drama berat dan ngawang-ngawang ataupun terlalu menggurui dan membuat pemirsa nggak tahan untuk terus menonton.

Komedi edukatif secara muatan cerita yang keseharian terjadi, dicontohkannya, seperti sinetron Dunia Terbalik (tayang setiap malam mulai pukul 20.00 WIB) itu kan kisah keseharian di sebuah desa dimana mayoritas perempuannya bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia di luar negeri, sementara suami-suaminya berperan jadi “ayah dan ibu” untuk rumahtangganya.

“Itu sesuatu yang sebetulnya nyata. dan bisa dilihat bagaimana peran jadi ibu berbalik (untuk suami-suami). Tetapi ternyata itu bisa dilakukan (oleh kaum lelaki). Jadi ketika kita menempelkan pesan-pesan moral dan agama disana, maka orang akan lebih cepat menerima dibandingkan kalo kita taro drama yang berat, sulit untuk dicerna. Mencernanya aja sulit, apalagi kalo disisipkan pesan-pesan moral yang sulit dimengerti. Saat ini masyarakat butuh hiburan, tapi bagaimana pentingnya juga hiburan ini punya kesan dan pesan yang baik,” ujar lanjut Dini.

Dini juga menyinggung habit penonton Indonesia kalo cuma nonton (program tayangan) one off (sekali dan tanpa bagian berkelanjutan) keterikatan emosionalnya kurang dapet. Makanya mereka suka sesuatu tontonan yang berjalan konsisten. “Kenapa juga Hafiz Indonesia berjalan (musim penayangannya) hanya di bulan Ramadan, karena selama Ramadan kita bisa melakukan stripping tayang setiap hari, dan kalo dibikin mingguan malah penonton jenuh,” tambahnya.

Dini mengingatkan, selain Hafiz Indonesia yang sudah memasuki jadwal penayangan musim kelima, RCTI juga menghadirkan program “Ngaji Pagi” pada saat usai adzan Subuh bersama para lulusan Hafiz Indonesia. Adapun saat santap sahur, rekanan grup band Wali hadir khusus dengan sinetron cerita penuh makna bernilai Islami berbalutan komedi kocak dalam tajuk “Amanah Wali”, berjadwal tayang setiap hari mulai Sabtu (27/5/2017) pada pukul 02.45 WIB.

LEAVE A REPLY