Beranda HEADLINE Dwiki Dharmawan Bereskan 2 Album Terbaru di Spanyol

Dwiki Dharmawan Bereskan 2 Album Terbaru di Spanyol

2564
0
BERBAGI

Fokuskini – Pianis jazz penggagas World Peace Orchestra, Dwiki Dharmawan pada saat jelang bulan suci Ramadan ini tengah menjalani tahapan proses penuntasan sebanyak sekaligus dua album terbaru bertempat di studio rekaman La Casa Murada, Catalunya, Spanyol.

Unsur-unsur budaya etnik dan perangkat musik Nusantara, tetap menjadi pegangan karya komposisi Dwiki, dan kali ini membawa perempuan penyanyi Dewi Gita yang ditugaskan jadi penyuara Sinden Sunda. Salah satu album terbaru Dwiki ini juga menghadirkan keindahan musik dan lirik lagu berbahasa daerah asal Kaili, Sulawesi Tengah.

Dwiki memainkan piano akustik, didampingi Carles Benavent (Spanyol) pada electric piccolo bass, serta didampingi gitaris jazz Prancis berdarah Vietnam, Nguyen Le. Selain itu ada bassis Yaron Stavi yang bermain acoustic/upright bass, dan drumer/perkusionis Asaf Sirkis.

Melengkapi segalanya di album pertama yang disiapkan di recording studio milik Jesus Rivora, pemusik Spanyol yang dikenal juga sebagai sound engineer, dikatakan Dwiki bahwa secara keseluruhan musiknya disiapkan lengkap segala komposisinya.

“Ini dibedakan dengan album lainnya yang dikerjakan di studio rekaman yang sama, karena kami disitu lebih banyak berimprovisasi, terbuka dan spontanitas. Tetapi tetap memasukkan seni musik tradisional Nusantara, berupa alat musik Sasando dari Pulau Rote (Nusa Tenggara Timur) dan instrumen Sampeq yang biasa dimainkan pemusik asal Dayak Borneo (Kalimantan). Penyampaian lirik berbahasa Rote dan Dayak ikut melengkapi karya-karya komposisi musik saya,” jelas Dwiki.

Semenjak keluaran album-album komposisi musiknya di “World Peace Orchestra”, “So Far So Close” dan “Pasar Klewer”, Dwiki rutin dan terus menerus meramu elemen-elemen jazz yang terbuka improvisasinya, diramu dengan kekayaan tradisi Nusantara. “Namun kali ini unsur electronic music juga masuk,” ditambahkan suami penyanyi Ita Purnamasari ini.

Untuk itu, dialbum lainnya yang juga dikerjakan di Barcelona, Spanyol itu, Dwiki melengkapkan diri dengan bermain instrumen Rhodes/Moog & Percussions, dan mengajak gabung gitaris asal Jerman, Marcus Reuter dan penyanyi jazz eksperimental, Boris Savoldelli.

Dua album terbaru ini melibatkan IGN Bagus Wijaya Santosa dan Indrawati Wijaya yang bersama-sama Dwiki jadi Eksekutif Produser, dan juga menghadirkan Leonardo Pavkovic (MoonJune Records) selaku Produser. Diharapkan mampu melanjutkan apa yang telah diraih oleh dua album terdahulu, “So Far So Close” dan “Pasar Klewer” yang secara gemilang memperoleh Five Stars Reviews dari majalah musik Amerika Serikat, DownBeat dan sekaligus jadi The Best Albums 2016 versi DownBeat Magazine

LEAVE A REPLY