Beranda WISATA Saingi Thailand dan Malaysia, RI Incar Wisman Timteng

Saingi Thailand dan Malaysia, RI Incar Wisman Timteng

1763
0
BERBAGI

PANGSA pasar wisata kawasan Timur Tengah sangat besar. Baik dari jumlah maupun nilai ekonomi atau biaya belanjanya. Seperti dikatakan Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat ini Indonesia tengah berupaya mengejar raihan Malaysia yang sukses mendatangkan 300.000 wisatawan Timur Tengah dan Thailand mendatangkan 800.000 wisatawan Timur Tengah.

”Pasar Timur Tengah masih besar. Apalagi, pengeluaran mereka di atas rata-rata. Umumnya, durasi plesiran wisatawan Timur Tengah 8,5 hari dengan pengeluaran rata-rata per pengunjung USD 1.190. Ini sangat berpotensi,” katanya.

Tiga komponen yang disukai oleh wisatawan mancanegara (wisman) dari kawasan ini yakni wisata alam seperti laut, ekologi dan pariwisata petualangan; budaya sejarah yang mencakup agama, kuliner, wisata kota dan pedesaan; serta wisata buatan manusia seperti MICE dan berbagai jenis acara, olahraga, serta pariwisata integrated resort.

”Kami nggak mau kehilangan momen liburan summer wisman Timteng. Kami menggenjot promosi sejak Februari-Mei lalu, karena pada bulan Ramadan mereka searching destinasi liburan summer. Mereka jalan setelah Idul Fitri hingga Idul Adha,” ujar Deputi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana

Asisten Deputi Pemasaran Wilayah Eropa Amerika, Timteng dan Afrika Kemenpar Nia Niscaya mengatakan, pasar Timteng punya kebiasaan dan dikenal dengan karakteristik last minute booking dalam menentukan destinasi liburannya.

LEAVE A REPLY