Beranda EDUKASI 2 Gelaran Seni Budaya Betawi Undang Wisatawan

2 Gelaran Seni Budaya Betawi Undang Wisatawan

99
0
BERBAGI

UNIT Pengelola Pusat Pelatihan Seni Budaya (UP PPSB) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menjadwalkan penyelenggaraan Gelar Seni Meester di Pusat Kebudayaan Betawi yang lokasinya berada di bekas Markas Komando Distrik Militer, Jatinegara, Jakarta Timur pada 29 Juli mendatang.

Kepala UP PPSB Disparbud DKI Jakarta, Budiyanto mengatakan kepada beritajakarta, Gelar Seni Meester nantinya diisi dengan berbagai pertunjukan seni budaya Betawi seperti gambang kromong, membatik, pementasan tari topeng dan pergelaran busana.

Selain dimaksudkan untuk melestarikan seni budaya Betawi, kegiatan bertujuan memperkenalkan salah satu destinasi wisata sejarah di Jakarta Timur yang di era kekuasaan Hindia Belanda merupakan kawasan pusat lokasi pertahanan Meester Cornelis.

Kegiatan kesenian budaya Betawi juga kini dilaksanakan di Museum MH Thamrin kawasan Senen, Jakarta Pusat oleh Unit Pengelola (UP) Museum Kesejarahan DKI Jakarta yang saat ini menggelar eksibisi bertajuk “Betawi Punya Cerite” hingga hari Minggu (23/7/2017).

Menurut keterangan Kepala UP Museum Kesejarahan DKI Jakarta, Sri Kusumawati bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari amanat Perda 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi.

“Kita pamerkan mulai dari pakaian, alat musik, kuliner, alat transportasi dan lainnya. Melalui pameran ini diharapkan Museum MH Thamrin lebih banyak dikunjungi wisatawan,” harap Sri.

LEAVE A REPLY