Beranda FILM Semangat Pendidikan, Dakwah dan Patriotisme “Nyai Ahmad Dahlan”

Semangat Pendidikan, Dakwah dan Patriotisme “Nyai Ahmad Dahlan”

74
0
BERBAGI
Tika Bravani (foto: Jos)

Fokuskini – Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar Nusantara, nama Muhammadiyah sangat lekat dengan jagat pendidikan nasional, dakwah Islam, disamping bagian dari spirit perjuangan kemerdekaan Indonesia dibawah kepimpinan KH Ahmad Dahlan.

Namun jangan dilupakan pula peran orang paling dekat di segala pergerakan edukasi, dakwah dan patriotisme beliau, adalah sosok Siti Walidah atau juga dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan yang terus mendampingi, dan peranan pentingnya selain sebagai istri juga sebagai pendiri kelompok pengajian dan gerekan perempuan Sopo Tresno (1914) dan kemudian sampai kini dikenal dari wilayah Kauman, kawasan Kesultanan Yogyakarta ke seluruh pelosok negeri ini lewat nama Aisyiyah.

Sebagaimana telah diketahui, nanti pada 24 Agustus mendatang, film biopik bertajuk “Nyai Ahmad Dahlan” segera beredar di bioskop seluruh Indonesia. Olla Ata Adonara selaku sutradara menyebutkan film bermuatan love story dakwah ini memiliki segi perbedaan dengan film-film layar lebar bergenre sejenis, merunut dari nilai kemasan pesan moral berkualitas yang ternyata sudah memudar pada kehidupan di masa sekarang ini. Ada pula cita-cita kemerdekaan yang tegar. “Selebihnya, tentu ada unsur kepahlawanan, Muhammadiyah, Aisyiyah sebagai kesatuan didalamnya,” imbuh Olla.

Diyakininya, film “Nyai Ahmad Dahlan” harus ditonton karena dengan begitu banyak kalimat bermakna yang seakan hilang dan sulit didapatkan lagi sampai pada kehidupan hari ini.

Ada beberapa candaan teman sutradara, diingatnya, yang bisa dibilang meragukan film seperti ini bakal bisa menarik minat pasar. “Tetapi kita telah melakukan riset, dan ternyata Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan memiliki massa besar-besaran dibawah sikap pembimbingan dakwahnya yang kuat,” seperti dijelaskan lelaki sineas yang semula berkecimpung di FTV dan sinetron ini.

Betapa kuat pengaruh Nyai Ahmad Dahlan ditengah-tengah kaum perempuan muslimah, itu disaksikannya langsung saat tahapan syuting yang secara kebetulan berlangsung bersamaan perayaan milad Aisyiyah dengan kehadiran sampai sebanyak 8 ribuan wanita muslimah dari seluruh Indonesia. “Bayangkan, berarti kaum perempuan pengikutnya bukan orang-orang Jawa saja. Semangatnya mereka itu luar biasa,” kenang Olla, yang mengaku belum bisa habis rasa herannya.

“Dengan pemain utama yang terkesan biasa-biasa aja (Tika Bravani sebagai Nyai Ahmad Dahlan), dan juga saya sebagai sutradaranya yang belum terlalu dikenal publik luas, namun didalam keterbatasan itu ada letupan-letupan yang kita seakan diajak patut ikut memahami makna perjuangan beliau,” ujar lanjut Olla tentang makna urgensi film yang juga dibintangi oleh David Chalik, Cok Simbara dan Della Puspita.

LEAVE A REPLY