Beranda HEADLINE Apa Siapa Paling Terpopuler di “Indonesian Television Awards 2017”

Apa Siapa Paling Terpopuler di “Indonesian Television Awards 2017”

281
0
BERBAGI

Fokuskini – Program penghargaan khusus bagi industri pertelevisian di Indonesia kembali digelar tahun ini. Pada tahun kedua penyelenggaraannya, Indonesian Television Awards (ITA) kini bakal menghadiahi 13 kategori penghargaan Paling Terpopuler untuk program televisi dan insan pertelevisian di Indonesia. Ada dua tambahan nominasi penghargaan yaitu Duet Pembawa Acara Terpopuler dan Program Asing Terpopuler, namun dengan melakukan kenyataan harus menghilangkan kategori nominasi penghargaan yang hadir tahun lalu.

Dini Putri selaku Project Leader ITA, mengakui bahwa pertimbangannya jelas yakni produk tayangan asal negara lain termasuk kini drama-drama India disukai sebagian banyak masyarakat penonton televisi, disamping film-film bioskop serta film animasi televisi yang punya konsumen pemirsa kuat.

ANTV yang cenderung diuntungkan oleh rutinitas menghibur warga dengan rentetan serial drama televisi asal Negeri Hindustan, sukses menghadirkan “Anandhi” dan “Mohabbatein” untuk masuk daftar nominasi Program Asing Terpopuler, bersama-sama “Bioskop Trans TV”, “Naruto” (GlobalTV) dan “Upin Ipin” (MNCTV).

Dini juga menyebutkan sikap apresiasi pihaknya terhadap tren belakangan ini yang membuktikan host ataupun pembawa acara, bukan lagi sekadar disenangi penonton pada individu perorangan secara sendiri-sendiri (seperti di masa lalu, Choky Sitohang ataupun Darius). Bahkan, diingatkan oleh Programming & Production Director RCTI ini, ternyata sejumlah program tayangan televisi sampai mengandalkan lebih dari tiga host sebagai andalan keberhasilan program hiburan unggulannya. Itulah kenapa kini dimunculkan kategori Duet Pembawa Acara Terpopuler di Indonesian Television Awards 2017 dengan nominasi Andhika Pratama-Gading Marten, Deddy Corbuzier-Chika Jessica, Irfan Hakim-Rina Nose, Raffi Ahmad-Denny Cagur, dan Sule-Andre Taulany.

“Kami menjaga dan memastikan, bahwa proses penilaian di Indonesian Television Awards harus dilakukan secara komprehensif. Karenanya, ITA melibatkan berbagai pihak agar dapat memberikan proses penilaian yang adil dan akurat, dengan merangkul tim independen Roy Morgan Research, serta Provetic sebagai konsultan riset dan data,” diterangkan Dini Putri.

Seluruh nomine di 13 konten kategori terpopuler, dengan didalamnya juga didapati program-program unggulan RCTI seperti “Dunia Terbalik” dan “Tukang Ojek Pengkolan” (Prime Time Drama Terpopuler), Premier League (Program Sportmatch Terpopuler), Hafiz Indonesia (Program Ramadan Terpopuler), Dahsyat (Program Pagi Terpopuler) dan “Kiko” (Program Anak Lokal Terpopuler) — segalanya itu terpilih dari hasil survei yang dilakukan tim Roy Morgan Research. Melalui survei langsung ke para penonton televisi untuk menanyakan apa program TV dan siapa insan pertelevisian (dibatasi dari lingkup program televisi yang ditayangkan periode Agustus 2016 hingga Juli 2017), dan menjadi favorit mereka lewat jawaban-jawaban spontan tanpa pikir panjang (top of mind).

Selanjutnya, sistem penilaian terhadap hasil nominasi diteruskan pada masyarakat luas buat menentukan penerima penghargaan Tepopuler. Publik secara langsung dipersilakan memberi suara melalui media sosial berupa Twitter, Facebook dan Instagram, serta bisa juga lewat alamat situs www.indonesiantvawards.com (1 Vote 1 Identitas), dibatasi hingga 17 September pukul 23.59 WIB.

Perhitungan dan analisa voting dilakukan oleh Provetic. Ini untuk menjaga akurasi perhitungan serta validasi data para voters, dan hasil voting akan diverifikasi oleh auditor yang independen. Malam Puncak “Indonesian Television Awards 2017” disiarkan langsung oleh RCTI dan MNCTV sebagai official broadcaster pada 20 September nanti, dengan melibatkan kemeriahan performa artis-artis ternama negeri sendiri serta mancanegara.

LEAVE A REPLY