Beranda MUSIK Apresiasi dan Perhatian pada Maestro Musik Keroncong Budiman BJ

Apresiasi dan Perhatian pada Maestro Musik Keroncong Budiman BJ

58
0
BERBAGI
Mus Mulyadi, legenda hidup penyanyi keroncong yang ambil bagian di album "Karya Emas Budiman BJ" untuk lagu Keroncong Remaja Pancasila

KITA perlu memberikan apresiasi dan perhatian terhadap para Maestro (musik) yang telah memberikan karya besarnya untuk Indonesia,” ujar Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Daryanto saat mengunjungi kediaman almarhum Budiman BJ, di Jakarta hari Rabu (11/10/2017).

Kunjungan tersebut sebagai wujud apresiasi dan perhatian pemerintah terhadap hasil karya seniman, khususnya seniman musik keroncong, “Kita tidak boleh lupakan para Maestro yang telah memberikan karya besarnya. Mari kita terus lestarikan lagu dan musik tradisional Indonesia,” pesan Daryanto.

Budiman BJ (1938-1990) telah berkiprah di dunia musik sejak tahun 1961, bermula sebagai pemusik violis, dan belajar musik pada Pastor Van Dence di SMA Loyola Semarang.

Selanjutnya, dia bergabung menjadi anggota Orkes Radio Semarang. Sampai kemudian pada tahun 1964 melebarkan sayapnya ke Jakarta untuk memperluas wawasan bermusik.

Dalam kariernya di dunia musik, Budiman BJ telah menghasilkan lebih dari 20 album musik keroncong. “Sebagai kaum muda dan juga penerus bangsa, kita perlu terus melestarikan musik-musik tradisional seperti keroncong,” tutur Daryanto yang juga penggemar musik keroncong, seperti diwartakan situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya, Daryanto ditemani antara lain istri almarhum Siti Rezeki dan Pramono, putra pertama Maestro kelahiran kota Semarang, Jawa Tengah 19 Februari 1938 — melakukan ziarah ke makam komposer Keroncong Asli, Langgam, Stambul maupun Pop ini di TPU Karet Bivak, Jakarta.

LEAVE A REPLY