Beranda MUSIK Gde Yudane dengan 4 Komposisi Terkini di Bentara Budaya Bali

Gde Yudane dengan 4 Komposisi Terkini di Bentara Budaya Bali

50
0
BERBAGI

KONSER musik gamelan baru (A New Music for Gamelan) kembali digelar di Bentara Budaya Bali, hari Senin mendatang (30/10/2017). Menghadirkan empat komposisi terkini karya komposer I Wayan Gde Yudane, atau merupakan respons kreatif dari puisi Ketut Yuliarsa dan dipresentasikan oleh Sekaa Gamelan Wrdhi Cwaram.

Pertunjukan musik ini adalah bentuk penciptaan gending baru dari perangkat gamelan yang disikapi secara baru pula. Kebaruan itu tecermin secara fisik, semisal adanya pengolahan instrumentasi, pelarasan, orkestrasi, warna suara dan sebagainya.

Secara non fisik, kebaruan itu terwakili oleh capaian teknik permainan berikut struktur dan sistem kerja antar instrumentasi. Kebaruan fisik dan non fisik tersebut melahirkan sebentuk kebaruan sudut pandang, terutama adanya tata racik gending baru yang pada giliran berikutnya menciptakan pengetahuan dan perbendaharaan teknis racik baru.

Karya-karya Yudane kali ini merefleksikan perjalanan pencarian kreativitasnya, guna merambah wilayah penciptaan baru, memperkaya kemungkinan musik gamelan serta merefleksikan keberanian sang kreator untuk menyikapi sesuatu yang sudah baku dan mentradisi, guna melahirkan karya baru yang orisinal dan unggul.

Ini dihadirkan sebagai bagian perjalanan menuju pentas Europalia di Paris, Perancis. Empat komposisi tersebut dicirikan oleh kesanggupan menghadirkan melodi lembut dan sangat hening sepanjang pertunjukan.

Konsep pertunjukan berangkat dari elastisitas, yakni perenggangan waktu dan tempo serta kespontanan didalam kesetikaan juga kebersamaan, merespons ombak (vibrato) pada gamelan Semarandhana guna menciptakan ruang meditatif di mana nada-nada melodi terhubung secara imajinasi di dalam benak para pendengar.

LEAVE A REPLY