Beranda EDUKASI Asupan Gizi untuk Wanita Hamil Sangat Penting bagi Kesehatan Janin

Asupan Gizi untuk Wanita Hamil Sangat Penting bagi Kesehatan Janin

475
0
BERBAGI

Fokuskini – Empat penyebab utama AKI (Angka Kematian Ibu) adalah kasus pendarahan, eklamsia, infeksi serta komplikasi dari aborsi ataupun persalinan. Eklamsia disebabkan oleh faktor genetik, kegemukan dan diabetes, berupa peradangan atau inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan aliran darah tidak lancar.

Eklamsia dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan mikronutrien ibu, antara lain dengan antioksidan penting seperti selenium, enzim Q10, fish oil, vitamin C dan vitamin E untuk kehamilan yang optimal.

Adapun KEK (Kekurangan Energi Kronis) adalah status gizi kurang yang disebabkan oleh kekurangan asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kondisi KEK biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu 15-45 tahun. “Salah satu indikator status gizi adalah berat badan. Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup yang sehat dengan gizi seimbang dibutuhkan sebelum, saat dan setelah periode kehamilan, agar kesehatan ibu dan janin optimal,” jelas dr Raissa E Djuanda, M.Gizi, Sp.GK selaku Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara, Jakarta Timur dan Rumah Sakit Pondok Indah – Puri Indah, Jakarta Barat.

Hal ini membuat PT Kalbe Blackmores Nutrition melakukan kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat). Menurut Country Manager PT Kalbe Blackmores Nutrition Dickson Susanto, rangkaian kampanye Bunda PAS yang dilakukan pihaknya sejalan dengan visi dan misi Kalbe Blackmores Nutrition untuk menyediakan solusi kesehatan terbaik dalam mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

“Ada rangkaian edukasi secara menyeluruh melalui kampanye ini. Mulai dari metode hypnobirthing, coaching clinic, cooking demo hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi,” kata Dickson di Jakarta.

Marketing Manager PT Kalbe Blackmores Nutrition, Gicella Dian mengatakan Blackmores Indonesia mempunyai produk Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Produk ini memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti DHA, kalsium, zat besi, vitamin dan mineral untuk anak selama 1000 hari pertama kehidupannya.

“Produk ini memiliki keunggulan yakni kandungan nutrisinya yang esensial dan sesuai dengan rekomendasi WHO untuk kehamilan sehat, kandungan odourless fish oil dari sumber alami Omega E dari laut terdalam yang tidak berbau, dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian kalsium dan DHA/EPA, serta dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah,” ujar Dian.

Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan, dr Bram Pradipta Sp.OG mengungkapkan asupan gizi untuk wanita hamil sangat penting bagi kesehatan janin. Kekurangan gizi bisa mengakibatkan gizi buruk pada bayi. Bahkan, asupan makanan pun harus dijaga.

“Gaya hidup lebih banyak makan junk food dan kurang olahraga saat hamil, juga kelak dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Olahraga pun tidak boleh berat. Berenang dan jogging bisa menjadi alternatif olahraga ringan,” tambah Bram. (Joj/Haa)

LEAVE A REPLY