Beranda NUSANTARA Tohpati Mengemas Performanya dengan Bunyi Kendang di BBJ

Tohpati Mengemas Performanya dengan Bunyi Kendang di BBJ

54
0
BERBAGI

ADA penampilan spesial dari gitaris Tohpati di Bentara Budaya Jakarta hari Kamis malam (12/4/2018), karena dia dijadwalkan bermain gitar solo akustik dengan beberapa lagu dikemas performanya bersama pemain kendang, Endang Ramdan.

Lagu-lagu yang dimainkan diambil dari album terbarunya, Bias serta sebagian lagi adalah lagu-lagu lama dan beberapa lagu daerah Nusantara.

Performanya dalam tajuk Guitar Meets Kendang ini juga pernah hadir di Milan, Italia pada Desember tahun lalu.

Tohpati lahir di Jakarta 25 juli 1971, belajar gitar klasik dari umur 11 tahun dan memulai karier bermusiknya sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, dan kemudian bergabung dengan Splash Band (Didi AGP, Dian HP, Ubiet, Yoyo dan Cendy Luntungan).

Tohpati di tahun 1988 bergabung dengan Halmahera Band untuk mengisi program acara TVRI, yaitu Gita Remaja. Halmahera sempat menghasilkan 2 rekaman album solo.

Berjalan dengan waktu, Tohpati pernah menjadi session player di Twilight Orchestra dan Erwin Gutawa Orchestra. Pernah bergabung dengan grup musik SimakDialog, dan membentuk Tohpati Ethnomission serta Tohpati Bertiga yang masih aktif sampai sekarang.

Tohpati sampai saat ini sudah memiliki beberapa album solo dan album kolaborasi diantaranya “Tohpati”, “Guitar Fantasy”, “Song For You”, “Tohpati Ethnomission” dan “Tohpati Bertiga”.

Pada tahun 2010, dirinya ikut memproduksi rekaman dan bermain musik bersama musisi jazz dunia Jimmy Haslip, Chad Wackerman, dan grup jazz Yellow Jacket. Sejumlah proyek musik internasional turut digarapnya di banyak negara .

Tohpati juga telah sebanyak 10 kali mendapat Anugerah Musik Indonesia (AMI Award) antara lain dalam kategori Lagu R&B terbaik “Khayalanku“ (Halmahera Band), kategori Penata MusikTerbaik lagu “Cintaku“ (Reza), kategori lagu Pop Terbaik “Panah Asmara“ (Afgan), kategori Artis Penampil Terbaik Karya Produksi Instrumentalia (Tohpati Ethnomission), dan sejumlah penghargaan musik lainnya.

LEAVE A REPLY