Beranda HEADLINE IIMF 2018 Kenalkan Potensi Luar Biasa Independennya Musik Indie Indonesia

IIMF 2018 Kenalkan Potensi Luar Biasa Independennya Musik Indie Indonesia

426
0
BERBAGI

Fokuskini – Seakan kita jadi perlu juga menambah emosi kesabaran saat kini harus menunggu kapan dimulainya Pekan Raya Indonesia 2018 yang kembali diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Banten pada 27 September hingga 7 Oktober mendatang. Oleh sebab kaitan program pelaksanaan PRI kali ini memasukkan agenda International Indie Music Festival (IIMF), dan mencatat giliran penampilan bukan hanya pesona luar biasa Fourtwnty, Danilla, Sore, Payung Teduh, Efek Rumah Kaca, Mocca, Bangkutaman tetapi juga ada pop apa adanya dengan lirik-lirik terbilang abstrak oleh duo Senandung, pula bisa dinikmati eksperimental rock bergaya tersendirinya Belang Benar, serta Thesar yang mengubah peran gitaris mampu jadi pengganti fungsinya vokalis.

Thesar mengatakan, biar dirinya mumpuni tetapi menolak terbawa hasrat mengobral teknik keterampilannya bermain gitar. “Saya tuh kepengen bunyi gitar yang dimainkan jadi terdengar lyrical karena proyek musik yang diciptakan adalah instrumental. Jadi saya pengen sound gitar saya bisa menggantikan fungsi vokalis,” harap pria bernama lahir Thesar Zacharias Liando, saat membuka dialog dengan kalangan wartawan melalui program Indie Season 2018 “Road To IIMF” di Melody Music Bar & Lounge, Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan pada awal pekan ini.

“Banyak orang bilang, musik saya smooth jazz. Padahal dibikinnya gak ngarah dan mikir apa-apa, ya dibuat sesuai suasana hati saya aja,” ujarnya lagi.

Pada saat yang sama, vokalis Senandung, Andre mengakui kalau musik yang diciptakan mereka berdua layak saja disebut easy pop dengan hanya sedikit instrumentalisasi bersama lirik lagu berartian bahasa banyak arti tergantung pada siapa yang mendengarkannya.

Gampangan kesan musiknya tetapi cenderung abstrak liriknya. “Saya pikir, seniman pop pun harus bersikap begitu, sesuai apa yang ingin disampaikan masing-masing pemusiknya,” jelas gitaris Senandung, Inal.

Apa pula yang hendak disampaikan oleh Belang Benar di IIMF 2018 nanti? Ketiga-tiganya yang berlatar belakang musik Funk, Alternatif dan Metal itu menyatakan asyik memainkan konsep yang mengalir karena ketidakmauan mereka mengkotakkan genre musik. Lirik-liriknya menyuarakan isu sosial, dimisalkannya tentang lagu “Udara” yang dibuat pada saat kasus pembakaran hutan masih gila-gilanya di Sumatera.

LEAVE A REPLY